B A R C O D E : C A N Y O U R E A D I T ?

What is Barcode   Sebuah kode mesin yang dapat dibaca,terdiri dari sebuah bentuk bar dan spasi (hitam dan putih) dalam rasio yang didefinisikan yang mempresentasikan karakter alphanumerik

Kode baris digambarkan dalam bentuk baris hitam tebal dan tipis yang disusun berderet sejajar horisontal. Untuk membantu pembacaan secara manual dicantumkan juga angka-angka dibawah kode baris tersebut

 

 

R e a d i n g    a   B a r c o d e

Manufacturer Code : lima digit yang secara khusus menentukan manufaktur suatu produk. Kode manufaktur ini dilindungi dan ditetapkan oleh Uniform Code Council(UCC).

Product Code : lima digit yang ditetapkan perusahaan untuk setiap produk yang dihasilkannya. Untuk setiap produk yang berbeda dan setiap ukuran yang berbeda, akan memiliki kode produk yang unik.

Check digit : disebut sebagai digit “self-check”. Check digit ini terletak di bagian luar sebelah kanan barcode. Check digit ini merupakan suatu “ old-programmer’s trick” untuk mengvalidasikan digit-digit lainnya (number system character, manufacturer code, product code) yang dibaca secara teliti.

 

~ by igakusuma on December 3, 2008.

Leave a comment